Visi Sekolah

Visi : "Terwujudnya lulusan yang BERIMAN, SEHAT, CERDAS, dan TERAMPIL dengan kepedulian dan berbudaya lingkungan"

Jumat, 16 Mei 2014

FLS2N SMP KABUPATEN BANJAR DI SMPN 4 MARTAPURA


Martapura- Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Se-Kabupaten Banjar Selasa, 29 April 2014 lalu telah diselenggarakan. Bertempat di SMP Negeri 4 Martapura seluruh cabang lomba dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Beragam kreatifitas siswa SMP se Kabupaten Banjar di bidang seni dilombakan, dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat dan minat seni. Bahkan bakat dan minat seni ini dilombakan secara berjenjang sampai ke tingkat nasional, serta menjadi agenda tetap tahunan..

FLS2N SMP Kabupaten Banjuar  ini berlangsung selama satu hari dengan jumlah peserta sebanyak lebih dari 80 orang siswa dari SMP se Kabupaten Banjar. SMPN 4 Martapura sendiri mengutus 20 orang siswa dan siswi untuk 9 cabang perlombaan dari 11 cabang yang dilombakan, dan berhasil memenangkan 5 cabang lomba baik perorangan maupun grup di bidang Seni yaitu Melukis, Story telling, Menari, Vocal Group, dan Menyanyi Tunggal. 

Siswa/siswi berprestasi meraih juara dalam lomba ini adalah Mutiara Tita (Kelas VII H) – Juara I cabang Story Telling, Deny Edo Pratama (Kelas VIII H) – Juara II cabang Melukis,. Rofatunnida, Rizqi Mawaddah (Kelas VII H), Devi Ratnasari (Kelas VII C), Rajatua Situmorang, dan Fakhrul Azmi (Kelas VII D) cabang Vocal Group. Serta Algie Hadiah Rahman (Kelas VII D) cabang Menyanyi Tunggal, masing-masing sebagai Juara II. Sedangkan Lisa Bestari (Kelas VIII C), Sofiah (Kelas VIII F), Mawaddah, Nursyifa, dan Rivanny Putri Nur Kholifah (Kelas VII E) Juara III cabang Seni Tari.


Group Tari SMPN 4 Martapura
Hal ini tentunya sangat membanggakan baik bagi para siswa sendiri, dewan guru sebagai pendamping dan tentunya sekolah sebagai institusi pendidikan tempat siswa menimba ilmu.  kegiatan FLS2N ini dinilai sangat positif, di mana para anak didik akan mampu mengembangkan kreatifitas serta minat dan bakatnya. Apalagi pemenang dari Festival dan Lomba Seni ini akan diikutsertakan pada lomba di tingkat Provinsi dan kemudian hingga tingkat Nasional, sehingga bakat mereka akan terus terasah.

Anak-anak yang memiliki kemampuan dalam berkreasi seperti ini harus didukung penuh agar terus bermunculan bibit-bibit baru siswa siswi berprestasi lainnya, dan dalam hal ini Sekolah telah menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan melalui ekstrakurikuler seperti yang termuat dalam Buku Pedoman Pembinaan Siswa Melalui Pengembangan Diri pada SMPN 4 Martapura, yakni :


Vocal Group SMPN 4 Martapura Bersama Guru Pembina


  • Gema Religi : Da’i Remaja, Baca tulis Al Qur’an, maulid Habsyi, Rebana.
  • Kreasi seni : Vocal group, Paduan Suara, Seni peran/Teater, Seni Lukis.
  • Orasi siswa : Pidato dan dialog Bahasa Inggris, Baca puisi, Bakisah Bahasa Banjar.
  • Olahraga prestasi : Bola Voli Puteri, Bulu tangkis, Basket.
  • Keterampilan Produksi : Jahe Instan, Telor Asin, Kacang telor, Sablon, Pertamanan, Keterampilan menghias.
  • Pembinaan Qari/Qariah, Paskibra, PKS, Silat, Karate, PMR, Pramuka, Tari Tradisional, Band Sekolah, Drumband, Musik Panting dan Mading.

Dengan beraneka ragam kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler harus dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar